Selasa, 17 Agustus 2010

65 Tahun Indonesia Merdeka. Apa makna kemerdekaan bagi anda?

65 tahun Indonesia merdeka. Suatu usia yang sudah sangat dewasa jika dianalogkan dengan manusia. Sudah "dewasa" kah negeri kita ini? Yang pasti sejarah telah mencatat negeri kita ini telah banyak mengalami cobaan dan lika-liku dalam membentuk satu jati diri menuju satu tujuan dan cita-cita: membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Sudahkan tujuan dan cita-cita tersebut anda rasakan di alam kemerdekaan yang ke 65 tahun ini?

Seorang anak mengatakan bahwa sebagian dari tujuan dan cita-cita negara kita ini sudah dirasakan saat ini, tapi sulit dikatakan tujuan/cita-cita yang mana itu. Mungkin karena dia membadingkan sejarah negeri kita dalam mencapai kemerdekaan dengan kondisi saat ini, maka jelas tujuan dan cita-cita itu sudah dirasakan kini. Anda setuju dengan pendapat anak itu? Selanjutnya anak itu mengatakan kata-kata bijak dari seorang pahlawan Amerika: "Jangan tanyakan apa yang telah negara berikan kepada kita, tapi tanyakan pada diri sendiri apa yang telah kita berikan kepada negara"
Walaupun kutipan kata-kata itu adalah dari seorang pahlawan Amerika,tapi maknanya sangat universal, dapat berlaku di negara mana saja di dunia ini termasuk bagi kita di Indonesia. Mari kita berbuat yang terbaik bagi diri kita sendiri, bagi lingkungan, bagi negara kita.
Pertanyaan selanjutnya apa makna kemerdekaan bagi anda?
Anak SD yang lain mengatakan kemerdekaan adalah upacara bendera selama 1 jam di lapangan. Sebagian lagi mengatakan kemerdekaan adalah libur, boleh bangun agak siangan. Yang lain lagi mengatakan bahwa kemerdekaan adalah boleh ngomong apa saja. Seorang guru mengatakan kemerdekaan adalah saatnya introspeksi diri. Bagaimana dengan anda: apa makna kemerdekaan ini bagi anda?
Dirgahayu kemerdekaan ke 65 Republik Indonesia !

0 komentar:

Posting Komentar

coment disini sob...


ShoutMix chat widget